Jenis Jenis jaringan WAN

Jenis Jenis jaringan WAN 


Leased line

uMerupakan link point to point atau koneksi dedicated. Koneksi ini tidak memerlukan proses call setup terlebih dahulu ketika hendak mengirimkan data antar DTE. Mekanisme pengiriman pada koneksi leased line dilakukan secara synchronous serial.Koneksi ini dapat terjadi pada jaringan switching sederhana, jaringan yang dibangun mempunyai banyak koneksi secara fisik, namun untuk operasi dalam satu waktu hanya ada satu fungsi koneksi. Jalur untuk koneksi ini biasanya di-multiplexing-kan, baik dengan menggunakan teknik Frequency Division Multiplexing (FDM) maupun Time Division Multiplexing (TDM). Penerapan di lapangan diimplementasikan dengan menggunakan konsep HDLC dan PPP.


Circuit switching

uPada teknik ini, sebelum pengiriman data dilakukan, terlebih dahulu harus dilakukan proses pembentukan koneksi dengan melakukan prosedur call setup. PSTN dan ISDN merupakan sistem yang menerapkan koneksi circuit switching ini.


Packet switching
uTeknik ini adalah metode WAN switching yang mengijinkan user untuk membagi bandwidth dengan pengguna lain untuk menghemat biaya. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi Leased Line. Mekanisme pengiriman data di lakukan secara Synchrounous Serial.
uPada beberapa konsep, teknik ini dikenal dengan konsep Store and Forward, dengan teknis penyampaian data dari host pengirim ke host penerima akan dapat terjadi apabila terjadi hubungan antara keduanya baik secara langsung sesuai dengan urutan hop yang direncanakan dalam konsep routingnya, maupun secara tidak langsung dengan mengirimkan data ke tujuan melalui router lain sebagai perantaranya, yang jelas target penyampaian data pada host tujuan harus terjadi.


Kekurangan dan kelebihan WAN 


-Kelebihan WAN 
uBerbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar.
uSemua orang yang ada di jaringan ini dapat menggunakan data yang sama.
uMempunyai sistem jaringan yang besar atau luas sehingga mampu menjangkau Negara, benuabahkanseluruh dunia.
uJika terkoneksi dengan jaringan internet transfer file pada tempat yang jaraknya jauh bisa di lakukandengan
uDapat berbagi resources dengan koneksi workstations.


-Kekurangan WAN 
uBiaya operasional mahal.
uDalam hal settingan atau pengaturan jaringan WAN lebih sulit dan rumit, selain itu alat-alat yang diperlukan juga sangat mahal.
uMemerlukan Firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk dan bisa mengganggu jaringan ini.
uRentan terhadap hacker atau ancaman dari luar lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS AIJ KELOMPOK 1

Praktek cisco